ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP WEBSITE UNIVERSITAS BRAWIJAYA BERDASARKAN DIMENSI KUALITAS WEBSITE

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 31
Year of Publication: 2016
Onny Iman Kandung Iriantono, Aditya Rachmadi dan Aryo Pinandito
Download Article

 


Abstract

Universitas Brawijaya memiliki satu lembaga khusus yang bertugas untuk mengembangkan dan mengevaluasi seluruh sistem yang ada di Universitas Brawijaya yaitu Pusat Jaminan Mutu (PJM). PJM selaku lembaga yang bertugas dalam mengevaluasi menjelaskan bahwa belum pernah melakukan evaluasi terhadap kualitas website official UB berdasarkan pihak eksternal atau mahasiswa. Dari uraian permasalahan, maka dilakukan pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website official UB  dengan menggunakan webQual 4.0 dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan berdasarkan pada persepsi dan harapan ideal pengguna website, serta mencari tahu bagaimana pengaruh dimensi usability, information quality, dan sevice interaction terhadap tingkat kepuasan mahasiswa UB.  Hasilnya Kondisi website official Universitas Brawijaya saat ini secara keseluruhan sudah dirasa puas oleh mahasiswanya dengan nilai nilai rata-ratanya 3,01. Namun terdapat 2 ketidakpuasan berdasarkan pada intrumen pertanyaan dari Webqual 4.0, yaitu website mempunyai tampilan yang menarik dengan nilai 1,72 yang menunjukkan interpretasi sangat tidak puas dan website memiliki kemudahan untuk menarik minat dan perhatian mengaksesnya kembali dengan nilai 1,82 yang menunjukkan interpretasi tidak puas. Untuk nilai t hitung yang didapatkan masing-masing dimensi adalah usability 8,532, information quality 7,909, dan service interaction 10,44. Untuk nilai t tabelnya adalah 2,202519. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, ketiga dimensi mempunyai Nilai t hitung > t tabel maka Ho ditolak yang artinya setiap dimensi mempunyai pengaruh terhadap tingkat kepuasan, dan nilai t hitung positif berarti mempunyai pengaruh positif. Selanjutnya akan diberikan rekomendasi berdasarkan ISO/IEC 9126 untuk meningkatkan website UB agar lebih baik.

Keywords

WebQual, kepuasan, usability, information quality, service interaction