PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR (STUDI KASUS: KEJAKSAAN NEGERI NGASEM KABUPATEN KEDIRI)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 31
Year of Publication: 2016
Alvita Lisnawidya Verdikawati, Satrio Agung W. dan Aditya Rachmadi
Download Article

 


Abstract

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas adalah mengenai bagaimana prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Kejaksaan Negeri Ngasem Kabupaten Kediri, dan juga kendala-kendala apa yang dihadapi dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah sistem infromasi manajemen pengelolaan surat masuk dan surat keluar di Kejaksaan Negeri Ngasem Kabupaten kediri sehingga dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar menjadi lebih mudah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Kejaksaan Negeri Ngasem bisa dikatakan berjalan dengan baik dan lancar, hal ini dapat dilihat dari kemampuan mengelola surat masuk, membuat dan mengirim surat keluar dengan cepat dan tepat tujuan. Meskipun masih terdapat kekurangan diantaranya kadang masih ada surat yang kelewatan diarsipkan akibat masih ada surat yang lupa diserahkan ke pengelola surat dari bidang yang menjadi tujuan surat. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, hasil dari pengujian fungsional menggunakan pendekatan kotak hitam (black-box) pada 10 kasus uji yang dilakukan menunjukkan bahwa 100% sistem valid ketika diuji dengan kasus tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi aplikasi ini telah sesuai dengan persyaratan fungsional sistem yang telah didefinisikan dalam proses perancangan. Sedangkan hasil pengujian usability dari poin 1 sampai 5 menunjukkan angka rata-rata 4,3 atau setara dengan 86% yang berarti tingkat usability sistem informasi pengelolaan surat ini tinggi menurut user

Keywords

surat, pengelolaan surat, pengujian fungsional, pengujian usability