Abstract
Fashion kini telah menjadi sebuah kemungkinan yang dapat dihubungkan dengan status sosial seseorang di dalam lingkungan sosial dikarenakan dapat meningkatkan gengsi atau prestige kepada pemakai berdasarkan simbol merek yang dikenakan dan agar mereka lebih dapat diterima masyarakat, semakin memenuhi standar dari lingkungan, dan semakin sensitif terhadap adanya penolakan individu. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa konsumen tas mendapatkan hasil tertinggi sebanyak 38,0%, kemudian parfum sebanyak 16,3%, dan pakaian sebanyak 13,3% dari kelompok sampel yang berjumlah 405 orang dengan jumlah perempuan 70,9% dan laki-laki sebanyak 29,1%. Kebanyakan konsumen tas selalu kebingungan dalam memilih tas yang benar-benar sesuai. Oleh karena itu sebuah sistem rekomendasi tas dibutuhkan agar dapat membantu konsumen dalam memilih sebuah tas terutama tas mewah atau yang biasa dikenal luxury bag yang sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan. Kriteria-kriteria yang digunakan dalam sistem adalah hasil polling agar dapat lebih mewakili keinginan pengguna. Hasil polling menunjukkan bahwa merk, harga, ukuran, warna, jenis bahan, dan jenis tas merupakan kriteria yang mereka pertimbangkan dalam memilih sebuah tas. Sistem ini dirancang menggunakan metode Fuzzy Query Model Tahani yang menggunakan nilai alpha minimum untuk hasil akhir rekomendasinya. Hasil pengujian akurasi dilakukan bersama pakar fashion dan mendapatkan hasil cukup baik dengan persentase sebesar 83,3%