Abstract
Layanan Data Center yang dimiliki Dinas Perhubungan Kota Batu perlu dilakukan evaluasi kinerja untuk mengetahui persentase kinerja yang dimiliki oleh sistem, selain itu juga untuk menjaga keamanan sistem informasi sebagai aset organisasi, untuk mempertahankan integritas informasi yang disimpan dan diolah untuk meningkatkan keefektifan penggunaan teknologi informasi serta mendukung efisiensi dalam organisasi. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi kinerja pada layanan Data Center untuk dapat mengukur kinerja yang dimiliki menggunakan framework IT Balanced Scorecard, mengevaluasi kesenjangan pada Data Center, serta menentukan rekomendasi untuk proses perbaikan tata kelola TI. Pengukuran kinerja layanan Data Center dievaluasi dengan melakukan observasi, wawancara, dan pengisian kuesioner oleh bidang Pengolahan Data Elektronik (PDE) Dinas Perhubungan Kota Batu. Hasil evaluasi kinerja rata – rata berada pada persentase 45,38% hingga 53,67% dan yang diharapkan (to-be) oleh Dinas Perhubungan Kota Batu berada pada 70% hingga 83,57%. Berdasarkan pengukuran kinerja saat ini diberikan penyusunan rekomendasi agar dapat meningkatkan sesuai nilai yang diharapkan yang mengacu pada analisis SWOT yang sudah dibuat agar lebih mempermudah dalam penyusunan rekomendasi. Adapun rekomendasi yang diberikan adalah membuat penyusunan dokumen yang dilakukan beserta standar prosedurnya, dilakukannya pengukuran dan monitoring segala prosedur yang ada sehingga mudah ditanggulangi ketika terjadi penyimpangan, memberikan pelatihan kepada para personil IT, serta melakukan penelitian terhadap teknologi yang sedang berkembang sebagai referensi pengembangan sistem kedepannya.