Abstract
Dinas komunikasi dan informatika (kominfo) pemerintah kota surabaya mempunyai banyak layanan sistem informasi, salah satunya yaitu sistem informasi kios pelayanan publik. Selama ini sistem informasi tersebut beroperasi dengan cukup baik hanya saja masih terdapat beberapa permasalahan seperti kelambatan akses penginputan data pada event tertentu dan kesalahan informasi yang dikeluarkan sistem sehingga membingungkan user pada saat mengoperasikan sistem. Untuk menangani hal tersebut diperlukan sebuah tata kelola pada layanan sistem informasi kios pelayanan publik agar mendukung bahkan selaras dengan strategi bisnis suatu perusahaan atau organisasi dan operasi layanan bisa mencapai titik kepuasan pelanggan. Tata kelola yang dilakukan meliputi tindakan pengukuran maturity level (tingkat kematangan) berdasarkan framework ITIL v3, yang kemudian menghasilkan analisa kesenjangan dan rekomendasi untuk peningkatan manajemen layanan. Pengukuran maturity level pada layanan sistem informasi kios pelayanan publik dilakukan dengan penyebaran kuesioner, tindakan wawancara dan observasi terhadap sistem. Maturity level saat ini berada pada level 3 dari skala 0 sampai 5 yang tersedia. Sedangkan untuk maturity level yang diharapkan oleh pihak kominfo berada pada level 4 dari skala 0 sampai 5. Dengan mengacu pada maturity level saat ini maka akan diberikan rekomendasi agar mencapai tingkat kematangan yang diharapkan. Rekomendasi yang diberikan untuk pihak kominfo antara lain dengan melakukan pengukuran terhadap proses layanan dan memonitor prosedur yang ada serta melengkapi dengan membuat dokumentasi dari setiap perubahan yang ada pada sistem informasi kios pelayanan publik sehingga mudah ditanggulangi apabila terjadi penyimpangan.