RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY MANABU (PENGENALAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 29
Year of Publication: 2015
Firda Ziyadatul K, Herman Tolle dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

Banyak pengajar bahasa Jepang yang mengalami kesulitan pada pembelajaran bahasa Jepang tingkat awal untuk memperkenalkan huruf-huruf dalam karakter bahasa Jepang khususnya hiragana & katakana. Cara pengajaran konservatif selama ini yang menggunakan papan tulis dianggap tidak cukup efektif untuk membantu siswa agar mudah mengingat dan mengetahui cara menulis karakter hiragana dan katakana tersebut.

Untuk itu dalam penelitian ini dirancang dan diimplementasikan sebuah aplikasi perangkat bergerak sistem pembelajaran huruf hiragana dan katakana dengan menerapkan teknologi Augmented Reality (AR). Aplikasi ini menerapkan AR dalam tampilan animasi 3D dan contoh kata dari huruf hiragana dan katakana. Aplikasi dapat memberikan pilihan konten pembelajaran meliputi suara cara pengucapan, animasi cara penulisan huruf, dan contoh kata untuk setiap huruf.

Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi mampu mengenali marker berupa karakter hiragana & katakana dengan baik pada tingkat kecerahan antara -60% sampai 60%, dan untuk jarak optimal pengenalan marker antara 15cm sampai 50cm. Pengujian pada 10 orang pengguna murid SD kelas IV dengan rentang umur 9 – 10 tahun yang baru pertama kali belajar hiragana & katakana juga menunjukkan adanya efektivitas pembelajaran dimana 80% murid dapat memperoleh nilai diatas 65.

Keywords

Augmented Reality, Android, Bahasa Jepang, Hiragana, Katakana