PENGEMBANGAN GAME BRIDGE OF BALANCE (BOB) DENGAN MENGGUNAKAN KINECT DAN OCULUS RIFT

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 30
Year of Publication: 2016
Muhammad Faisal, Wibisono Sukmo Wardhono dan Issa Arwani
Download Article

 


Abstract

Virtual Reality adalah teknologi yang cukup baru dan masih berkembang secara pesat. Dengan Virtual Reality, pemain dapat merasakan sensasi seakan-akan dia sedang berada di dalam permainan tersebut. Sayangnya, Virtual Reality yang ada saat ini kebanyakan menggunakan controller konvensional sebagai pengendali permainannya. Game Bridge of Balance ini menggunakan Kinect yang dapat mendeteksi gerakan pemain sebagai pengendali permainan, sehingga tingkat realisme bertambah.  Permainan ini memiliki gameplay yang simple, dimana pemain diharuskan berjalan melewati jembatan di atas tebing yang tinggi. Gameplay yang simple ini bertujuan untuk memudahkan pemain yang masih awam dengan Virtual Reality dapat menikmati permainan tersebut, serta memaksimalkan fungsi dari Kinect dalam mendeteksi gerakan pemain. Hasil pengujian game menunjukkan bahwa minat terhadap teknologi ini sangat tinggi.

Keywords

Virtual Reality, Kinect, Virtual Reality HMD, Oculus Rift