Abstract
Ruang baca Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya mempunyai berbagai macam buku yang berkaitan dengan teknologi informasi, sehingga dapat membantu para pengguna khususnya mahasiswa untuk mendapatkan informasi. Ruang baca FILKOM UB mempunyai kelemahan yaitu kurangnya informasi posisi buku pada rak. Ketika mahasiswa ingin mencari buku, maka mahasiswa mengalami kesulitan dalam menemukan posisi buku tersebut. Hal ini dikarenakan sistem saat ini hanya memberikan informasi kode buku tertentu, tetapi tidak menunjukkan nomor rak dari buku. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pencarian posisi buku yang dapat menunjukkan posisi buku pada rak. Sistem pencarian posisi buku ini membutuhkan teknologi yang mampu membangkitkan suasana 3D sehingga pengguna seolah-olah terlibat secara fisik, salah satunya adalah menggunakan teknologi virtual reality 3D. Metode dan perancangan virtual reality 3D ini memerlukan tiga fase yaitu observasi, perancangan, dan implementasi. Ketiga fase tersebut diperlukan untuk menyelesaikan sistem yang mensimulasikan proses pencarian posisi buku pada ruang baca Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menggunakan virtual reality 3D ini. Sistem ini diimplementasikan menggunakan Blender dan Unity3D. Dalam pengembangan sistem ini dibutuhkan proses pengujian untuk membuktikan bahwa sistem sudah sesuai dengan kebutuhan fungsional dan performa sistem. Pengujian yang digunakan adalah pengujian fungsional dengan menggunakan metode black box testing. Pengujian performa sistem dilakukan berdasarkan fps (frame per second). Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa sistem telah memenuhi kebutuhan fungsional dan performa sistem yang optimal