Abstract
Marketing atau Promosi yang baik, kreatif dan inovatif bisa menjadi kunci kesuksesan dalam pemasaran atau penjualan produk. Oleh karena itu dibutuhkan cara promosi yang baru, baik, kreatif dan inovatif. Salah satunya dengan cara memanfaatkan tekonologi informasi. Yaitu salah satunya bisa dengan Augmeted Reality yang mulai dikembangkan di Indonesia dimana teknologi ini menggabungkan benda maya baik itu 2 Dimensi (2D) maupun 3 Dimensi (3D) kedalam dunia nyata kemudian memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Teknologi ini bisa menjadi cara baru yang baik dalam mempromosikan produknya kepada pelanggan. Garksin laptop merupakan skin protektor casing laptop, sehingga laptop aman dari debu dan goresan. Selain itu laptop pun juga terlihat lebih cantik dan menarik. Penjualan garskin telah banyak dilakukan, namun masih mempromosikan dengan cara yang biasa saja seperti pada umumnya. Oleh karena itu dibuatlah Augmented Reality Katalog Garskin sebagai media mempromosikan garskin kepada pelanggan atau bisa disebut juga dengan AR-Garskin. Aplikasi ini bersifat mobile, dibuat dengan bahasa pemerograman C# dengan bantuan aplikasi unity 3D. Tujuan dari pembuatan aplikas ini memberikan cara baru kepada penjual dalam memperomosikan garskin dan mengetahu tingkat kepuasan pengguna dalam menjalankan aplikasi ini. Pengujian aplikasi ini menggunanakan metode blackbox testing, pengujian akurasi jarak marker, pengujian besar sudut marker dan pengujian usabillity. Hasil dari pengujian aplikasi ini yaitu aplikasi dapat berjalan sesuai dengan fungsi yang tersedia, jarak yang baik untuk mendeteksi marker yaitu 35-40cm dengan sudut 20° - 90° dan menurut dari kuesioner yang telah diisis oleh pengguna, aplikasi AR-Garskin ini baik dan layak untuk dikembangkan