AUDIT MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DAN SISTEM APLIKASI E-KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISPENDUKCAPIL) KABUPATEN NGANJUK MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ITIL Versi 3

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 29
Year of Publication: 2016
Yayi Fateka Dp, Suprapto dan Ari Kusyanti
Download Article

 


Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk memiliki Teknologi Informasi dan Komunikasi berupa Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan Sistem Aplikasi e-KTP. Untuk menjamin penyelenggara publik menyelenggarakan sistem informasi elektronik secara andal, aman, dan bertanggung jawab, pada tahun 2012 Menteri Komunikasi dan Informatika mengeluarkan Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang “Pedoman Umum Audit  Sistem Elektronik  Penyelenggara Pelayanan Publik”. Oleh karena itu, diperlukan nilai kematangan SIAK dan Sistem Aplikasi e-KTP dengan melakukan audit manajemen layanan terhadap SIAK dan Sistem Aplikasi e-KTP menggunakan kerangka kerja ITIL versi 3 pada dua domain terakhir yaitu Service Operation (SO)dan Continual Service Improvement (CSI). Hasil perhitungan  tingkat kematangan adalah 1,94 pada domain SO dan 1,47 pada domain CSI. Kemudian rata-rata nilai harapannya adalah 3,19 untuk domain SO dan 2,8 untuk domain CSI. Sedangkan rata-rata nilai kesenjangannya adalah 1,24 untuk domain SO dan 1,33 untuk domain CSI. Berdasarkan nilai tingkat kematangan, harapan, serta kesenjangan maka diberikan beberapa rekomendasi yang dapat digunakan untuk membantu Dispendukcapil dalam mengurangi adanya kesenjangan dan mencapai tingkat kematangan yang diiharapkan. Rekomendasi yang diberikan adalah dengan melaksanakan proses-proses manajemen layanan seperti serta pembuatan dokumentasi atas proses-proses manajemen layanan. 

Keywords

Maturity Level, Service Operation, Continual Service Improvement