Abstract
Universitas Brawijaya Press atau selanjutnya disebut UB Press merupakan salah satu industri buku yang dimiliki oleh Universitas Brawijaya Malang yang baru berdiri pada tahun 2009. Sampai saat ini UB Press masih belum memiliki sebuah sistem yang saling terintegrasi untuk menangani proses informasi pemasaran mereka. Sehingga proses bisnis yang berjalan sekarang kurang optimal. Perkembangan teknologi sistem informasi pada zaman ini seharusnya dapat dimanfaatkan oleh organisasi industri buku seperti UB Press untuk dapat membantu memaksimalkan kinerja pada pemasaran mereka. Untuk merancang sebuah sistem dalam penelitian ini akan menggunakan Enterprise Architecture Zachman Framework dan metode Business Process Improvement agar dapat menganalisa terlebih dahulu proses bisnis yang ada untuk selanjutnya dilakukan perbaikan. Penelitian ini akan menggunakan 3 perspektif dari 6 perspektif yang ada di Zachman Framework. Dan setelah itu akan dilakukan implementasi sebuah prototype Sistem Informasi Pemasaran UB Press yang merupakan representasi dari proses bisnis yang diusulkan. Pengujian dilakukan terhadap prototype menggunakan metode Black-box testing, dan untuk proses bisnis akan dilakukan analisa perubahan yang terjadi menggunakan tools yang disediakan oleh Streamlining pada fase 3 Business Process Improvement. Manfaat yang akan diberikan akan mempercepat jalannya proses bisnis yang ada dengan menerapkan sebuah sistem informasi yang saling terintegrasi.