Abstract
Hewan merupakan mahluk hidup yang selalu ada di sekitar kita sejak ratusan tahun yang lalu. Seiring dengan waktu kebutuhan manusia yang semakin bertambah membuat manusia mulai memanfaatkan hewan dengan cara yang berbeda yaitu dengan membudidayakan hewan pada lingkungan manusia. Namun karena tingginya biaya perawatan hewan dan kesadaran manusia akan pentingnya hubungan antara manusia dan hewan saat ini membuat beberapa orang tidak memiliki hewan domestik tersebut. Berdasarkan hal tersebut akan dikembangkan suatu media yaitu media game yang dapat digunakan sebagai sarana pengenalan interaksi manusia dan hewan dengan menggunakan perangkat bergerak dengan platform Android. Untuk membuat interaksi manusia dan hewan terasa lebih nyata dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis marker.
Pada tahapan implementasi yang telah dirancang berdasarkan One Sheet dan Ten Sheet, akan dilakukan pengimplementasian dengan Unity yang menggunakan perangkat bergerak berbasis Android yang memiliki sensor yaitu kamera. Pada fase implementasi ini juga digunakan SDK tambahan untuk pendeteksian marker pada aplikasi game yaitu dengan menggunakan SDK Vuforia.
Pengujian nantinya akan dilakukan untuk mengetahui apakah game sudah sesuai dengan perancangan dan kebutuhan yang telah ditentukan sebelumnya. Pengujian ini juga bertujuan untuk menemukan kesalahan yang ada pada game maupun kekurangan yang nantinya akan terlihat. Fase pengujian akan tediri dari design test dan playtest. Setelah dilakukan pengujian maka selanjutnya dilakukan analisa hasil dari pengujian tersebut. Analisa ini dibagi menjadi dua yaitu analisa design test dan analisa playtest.