RANCANG BANGUN PERMAINAN VIRTUAL PET BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN OUTFIT SEBAGAI MARKER (TAMAGO-CLOTH)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 24
Year of Publication: 2016
Antoni Rahardian L, Issa Arwani dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

Hewan peliharaan merupakan  hewan yang dipelihara oleh manusia yang harus dirawat dan dipenuhi kebutuhan hidupnya serta memiliki tempat yang layak. Hewan peliharaan dapat dianggap sebagai teman bagi manusia karena pada umumnya hewan peliharaan memiliki karakter setia pada pemiliknya, dan dapat menghibur pemiliknya.  Pada saat ini banyak orang yang mempunyai keinginan untuk memiliki hewan peliharaan namun tidak memiliki banyak waktu dan biaya untuk mengurus hewan peliharaan tersebut, sehingga mereka mengurungkan  niatnya untuk memiliki hewan peliharaan. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki fobia terhadap hewan tertentu. Memelihara hewan peliharaan sebenarnya memiliki banyak keuntungan, antara lain membantu dalam mengatasi rasa sedih saat ditinggal orang terdekat, dan membantu dalam perkembangan anak. Dalam membantu mereka yang merasa kesulitan dalam memelihara hewan peliharaan, maka dibuatlah sebuah aplikasi virtual pet. Virtual pet merupakan hewan peliharaan dalam bentuk virtual dan tidak nyata, namun anda bisa merasakan bagaimana rasanya memelihara hewan sungguhan dalam aplikasi tersebut. Namun, aplikasi virtual pet yang sudah ada di pasaran selama ini masih menggunakan teknologi 2D, sehingga peneliti akan mengembangkannya ke dalam bentuk Augmented Reality (AR) agar sensasi memelihara hewan terkesan lebih nyata.

Keywords

Hewan peliharaan, Virtual Pet, Augmented Reality (AR).