RANCANG BANGUN GAME EDUKASI OLAHRAGA LARI HALANG RINTANG MENGGUNAKAN KINECT SEBAGAI KENDALI INPUT

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 23
Year of Publication: 2016
Rinaldy Rizky Pratama, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Denny Sagita R.
Download Article

 


Abstract

Lari merupakan salah satu olahraga yang sangat sederhana dan sering dilakukan oleh siapa saja. Di jaman yang sangat sibuk ini banyak orang menggunakan treadmill sebagai alternatif untuk berlari. Tetapi berolahraga menggunakan treadmill membuat pemakainya cepat bosan dikarenakan gerakannya sangat monoton dan membosankan. Dengan bantuan Kinect dari Microsoft dan  penambahan gerakan melompat dan berlari seperti olahraga lari halang rintang (Hurdling), penelitian ini berfokus dalam game yang dapat membuat penggunanya berkeringat dan mendapat kesenangan. Berdasarkan perancangan dilakukan implementasi menggunakan Game Engine Unity dengan bahasa C# dan toolkit FAAST. Untuk menguji game, dilakukan pengujian yang terdiri dari test flow diagram dan playtesting. Dari hasil yang dilakukan, game yang diberi judul Hurdle ini telah berjalan dengan baik dan diharapkan dapat menjadi alternatif berolahraga sambil bermain.. 

Keywords

Kinect for Windows, Unity 5, permainan 3D, Sports, Hurdling, FAAST.