RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA INFORMASI WAHANA PERMAINAN DI JATIM PARK 1

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 22
Year of Publication: 2016
Weni Prameswari, Aryo Pinandito dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

Dalam era globalisasi ini, pariwisata merupakan industri terbesar dan terkuat dalam pembiayaan ekonomi global. Pariwisata dapat menghasilkan pendapatan yang luar biasa bagi suatu daerah terutama apabila dikelola dengan baik. Saat ini terdapat banyak taman bermain dan wisata alam yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun asing. Salah satunya adalah Jatim Park 1 yang mempunyai lebih dari 50 wahana permainan dengan luas area sekitar 11 hektar. Luasnya area wisata tersebut, menyebabkan informasi lokasi wahana permainan yang ada di area Jatim Park 1 menjadi informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung. Saat ini pengunjung mendapatkan informasi lokasi wahana yang ada dengan bantuan maps pada brosur cetak atau mengikuti petunjuk jalan yang telah disediakan. Namun informasi lokasi wahana pada brosur dan maps yang terdapat pada website sangatlah terbatas dan kurang jelas. Sehingga perlu dibangun aplikasi yang mampu menunjukan arah dan jarak wahana permainan dengan jelas. Metode augmented reality dapat digunakan sebagai metode untuk membangun aplikasi penunjuk arah, dengan menggunkan framework Beyondar. Sedangkan untuk mengetahui arah dapat menggunakan perhitungan rumus sudut heading. Sudut heading menunjukan besar sudut yang didapatkan dari titik koordinat pengguna dengan titik koordinat wahana permainan yang ditunjukan dalam derajat dari kutub utara (true north). Untuk mengetahui jarak menggunakan metode Distancebetween yang terdapat pada Android. Pengujian yang dilakukan pada aplikasi adalah pengujian fungsional, pengujian validasi sudut heading dan pengujian akurasi jarak. Dari hasil pengujian diketahui bahwa hasil yang dikeluarkan dari implementasi rumus heading pada aplikasi mempunyai presentase akurasi sebesar 99,89%. Sedangkan untuk hasil perhitungan jarak pada aplikasi mempunyai presentase akurasi sebesar 99,69% dengan pengujian jarak menggunakan metode Haversine.

 

Keywords

augmented reality, BeyondAR, heading