RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN AKSARA JAWA

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 22
Year of Publication: 2016
Merza Ariza Muti, Herman Tolle dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

Aksara Jawa selama ini hanya disampaikan melalui materi mata pelajaran Bahasa Jawa di sekolah dengan durasi terbatas dan masih menggunakan media pembelajaran berupa buku dan gambar statis. Hal tersebut dianggap kurang efektif untuk menarik perhatian siswa sehingga menyebabkan kurangnya penguasaan kompetensi terhadap materi aksara Jawa. Penelitian ini mengimplementasikan sebuah aplikasi mobile Android yang digabungkan dengan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membuat sebuah aplikasi media pembelajaran aksara Jawa. Augmented Reality (AR) diterapkan untuk menampilkan obyek 3D aksara Jawa sehingga lebih menarik. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi aksara Jawa, contoh kata penggunaan aksara Jawa, petunjuk penulisan aksara Jawa, petunjuk pengucapan aksara Jawa dan contoh kalimat aksara pasangan dan sandhangan. Melalui pengujian yang dilakukan pada 20 data uji huruf aksara Jawa, menunjukkan bahwa aplikasi mampu mengenali marker dengan sempurna pada jarak 15-40 cm. Selain itu diperoleh persentase sebesar 87% pada pengujian yang dilakukan pada 10 orang pengguna yang terdiri dari 2 orang luar Jawa dan 8 siswa SD untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aplikasi AjAR dalam membantu pembelajaran aksara Jawa.

Keywords

Aksara Jawa, Android, Augmented Reality, pembelajaran