REKOMENDASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN PROPERTI DENGAN MENGGUNAKAN ANP (STUDI KASUS: PERUMAHAN GAJAYANA INSIDE)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 21
Year of Publication: 2015
Zahra Nurkarima, Arief Andy Soebroto dan Wayan Firdaus Mahmudy
Download Article

 


Abstract

Meningkatnya pertumbuhan penduduk mengakibatkan bertambahnya permtintaan tempat tingga berupa rumah atau apartemen. Properti tersebut tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan pokok, tetapi juga sebagai aset yang memiliki nilai investasi tinggi karena nilainya yang semakin meningkat. Hal tersebut menyebabkan bisnis properti berkembang dengan pesat. Developer-developer properti semakin banyak bermunculan sehingga sangatlah diperlukan pemilihan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bertahan dalam persaingan. Sistem rekomendasi pengambilan keputusan strategi pemasaran properti bertujuan untuk memberikan alternatif strategi pemasaran bagi pelaku bisnis properti. Metode yang digunakan adalah Analytic Network Process (ANP). ANP digunakan untuk memberikan bobot bagi alternatif strategi pemasaran berdasarkan kriteria-kriteria kontrol yang diberikan. Pengujian menunjukkan bahwa tingkat akurasi sistem adalah 72.22%.

Keywords

Sistem Pendukung Keputusan, Analytic Network Process, Properti