Abstract
Seiring makin maraknya wirausaha pada golongan usia muda berdampak pada makin ketatnya persaingan pasar dan menuntut terobosan baru pada bidang periklanan dan promosi. Salah satu jenis usaha yang diminati oleh pengusaha muda adalah jenis usaha yang bergerak di bidang fashion dengan item seperti pakaian, aksesoris dan item fashion lainnya. Dalam memasarkan produknya, banyak pengusaha di bidang fashion menawarkan produknya dengan menggunakan katalog, dalam bentuk buku yang berisi informasi tentang produk yang ditawarkan. Salah satu cara untuk unggul dalam persaingan pasar adalah dengan memanfaatkan teknologi yang tengah popular untuk memberikan pengalaman baru dalam berbelanja; yaitu dengan menggabungkan katalog digital pada perangkat mobile dengan teknologi augmented reality untuk menciptakan aplikasi mobile augmented reality katalog kaos yang dibangun dengan menggunakan Unity, Quallcom Vuforia AR dan bahasa pemrograman C#. Teknologi augmented reality sendiri dipilih karena penggunaan secara luas yang masih cukup baru, dan memanfaatkan trend akan penggunaan smartphone yang canggih dalam kehidupan sehari hari. Perancangan aplikasi dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan user, baik kebutuhan fungsional maupun non fungsional, dan diimplementasikan dengan menggunakan Unity Game Engine, dan Qualcomm Vuforia SDK. Untuk menguji apakah aplikasi mobile augmented reality katalog kaos dapat memberikan pengalaman baru dalam promosi sebuah produk maka dilakukan pengujian dengan metode black box testing dengan uji validitas dan usabilitas aplikasi. Hasil menunjukkan fungsionalitas aplikasi mobile augmented reality katalog kaos telah berjalan dengan baik dan dapat memberikan pengalaman baru bagi pembeli dalam berbelanja dan penjual dalam promosi produk.