RANCANG BANGUN APLIKASI GEOTAGGING SOCIAL REPORT AKSES PENDIDIKAN INDONESIA PADA SISTEM OPERASI ANDROID

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 20
Year of Publication: 2016
Latifah Maulida Rahma, Herman Tolle dan Agi Putra Kharisma
Download Article

 


Abstract

Pendidikan salah satu tujuan utama bangsa Indosesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. Angka putus sekolah yang tinggi, fasilitas pendidikan yang belum layak dan distribusi guru yang tidak merata merupakan beberapa masalah pendidikan di Indonesia. Kurangnya informasi menjadi faktor lambatnya penanganan terhadap permasalahan akses pendidikan. Informasi tentang lokasi terjadinya permasalahan akses pendidikan menjadi sangat penting untuk diketahui demi tersalurkanya bantuan agar tepat sasaran. Geotagging didefinisikan sebagai proses menambahkan metadata geospasial ke berbagai media sepeti foto, video, web page. Aplikasi geotagging social report akses pendidikan Indonesia pada sistem operasi Android diharapkan dapat membantu masyarakat dalam melaporkan masalah-masalah akses pendidikan. Selain itu,  data masalah akses pendidikan yang telah dilaporkan oleh masyarakat divisualisasikan pada aplikasi berbasis website yaitu aplikasi visualisasi data pelaporan akses pendidikan Indonesia. Rancangan dan implementasi aplikasi geotagging social report akses pendidikan Indonesia pada sistem operasi Android telah valid serta sesuai dengan dengan analisis kebutuhan serta terbukti memudahkan pengguna dalam proses pelaporan masalah akses pendidikan Indonesia berdasarkan hasil pengujian usability sebesar 82,73%. Rancangan dan  implementasi aplikasi visualisasi data pelaporan akses pendidikan Indonesia berbasis website telah sesuai dengan analisis kebutuhan yang dibuktikan dengan pengujian validasi.

Keywords

geotagging, pelaporan, akses pendidikan Indonesia, Android, website, Mapbox