Abstract
Pada peneletian yang dilakukan oleh Sakti, (2014) dihasilkan sebuah media pembelajaran berbasis gamification, yaitu memadukan konsep game dalam sebuah elearning. Dalam elearning tersebut dosen dapat memberikan tugas dan mahasiswa dapat mengerjakan secara online. Akan tetapi, proses penilaian untuk jenis tugas uraian pendek masih menggunakan cara manual. Hal ini dapat memperlambat dosen dalam mengoreksi jawaban. Guna membantu dosen dalam mengoreksi jawaban uraian pendek maka dibuatlah suatu sistem penilaian otomatis menggunakan Essay Grading System (EGS). Metode yang digunakan dalam EGS untuk penelitian ini adalah cosine similarity. Ketika dosen mengoreksi jawaban mahasiswa, nilai akan langsung keluar berdasarkan perhitungan cosine similarity dengan cara perbandingan antara jawaban dosen dan jawaban mahasiswa. Pengujian aplikasi meliputi pengujian fungsional, pengujian performa server dan pengujian fungsi cosine. Dari hasil pengujian fungsional dapat disimpulkan bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan kebutuhan fungsional yang diharapkan. Hasil pengujian cosine terhadap performa server dihasilkan bahwa semakin besar pengguna yang mengakses sistem maka semakin besar juga CPU Usage yang dibutuhkan. Untuk pengujian page load time dan memory usage tidak ditemukan perbedaan yang cukup signifikan ketika sistem digunakan oleh 1 pengguna maupun banyak pengguna. Hasil pengujian fungi cosine similarity dapat disimpulkan bahwa fungsi cosine similarity telah berjalan dengan benar. Semakin mirip hasil jawabannya maka point yang didapatkan juga mendekati point maksimal yang bisa didapat.