Abstract
Pengguna merupakan object yang penting didalam pengembangan dan pembangunan situs web. Kebanyakan pengguna sering menilai kualitas suatu situs web atau sistem dari interface, bukan hanya dari fungsinya. Situs web yang baik idealnya mempunyai kemudahan dalam penggunaannya (usabilitas ) sehingga membuat pengguna lebih mudah dalam mengakses informasi yang disajikaan. Namun pada kenyataannya, usabilitas menjadi faktor yang kurang diperhatikan dalam perancangan suatu situs web. Penelitian ini mencoba untuk mengevaluasi kualitas situs web Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Kota Malang menggunakan kuesioner WEBUSE ini terdiri dari 24 pertanyaan dan terbagi dalam 4 kategori, yaitu Content, Organization, and Readability, Navigation and Links, Desain User Interface, Performance and Effectiveness. Kuesioner WEBUSE digunakan untuk mengetahui nilai usabilitas situs web saat ini dan mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh pengguna. Keterlibatan langsung manusia sebagai pengguna dalam sebuah perancangan sistem sangat penting agar dihasilkan sebuah sistem yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan penggunanya sehingga mampu membantu kemudahan kerja serta memberikan kenyamanan ketika digunakan. Oleh karena pada tahap perancangan dibuat sebuah usulan perbaikan yang proses perancangannya didasarkan pada metode Human-Centered Design. Metode ini melibatkan manusia sebagai pengguna dalam setiap tahapan proses perancangan. Tahap penelitian dilakukan dengan menentukan konteks penggunaan, evaluasi awal, menspesifikasikan persyaratan pengguna, perancangan solusi desain, dan terakhir melakukan evaluasi akhir.