DESAIN DAN IMPLEMENTASI MIXED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ATMOSFER BUMI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI HOLOGRAPHIC

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 18
Year of Publication: 2016
Hisadi Honkasilo, Wibisono Sukmo Wardhono dan Eriq Muh. Adams Jonemaro
Download Article

 


Abstract

Pada proses pembelajaran atmosfer bumi sekarang masih menggunakan buku dan e-book sebagai media pembelajaran. Dalam proses pembelajarannya, materi atmosfer bumi yang di sampaikan masih menggunakan media seperti buku atau berupa gambar berbentuk dua dimensi (2D) untuk memberikan informasi kepada siswa bagaimana struktur model dan komponen yang tersusun dari atmosfer bumi tersebut. Dengan media informasi sekarang yang masih menggunakan buku atau gambar, siswa tentunya hanya bisa melihat objek desain, susunan dari setiap lapisan, dan informasi terkait atmosfer bumi berbentuk dua dimensi (2D). Sehingga siswa yang mempelajari atmosfer bumi akan kesulitan mendeskripsikan secara detail bagaimana bentuk atmosfer bumi bila di lihat dari sisi atas dan bawah secara keseluruhan, salah satu teknologi yang bisa digunakan dalam pembuatan miniatur atmosfer bumi dengan teknologi Mixed Reality. Pada penelitian ini teknologi Mixed Reality akan di implementasikan dengan teknologi Holographic sehingga berguna untuk menampilkan model tiga dimensi (3D) dari atmosfer bumi beserta informasi-informasi yang di butuhkan. Model dari atmosfer bumi dalam bentuk tiga dimensi (3D) yang akan di tampilkan berupa lapisan atmosfer bumi sesuai dengan ketinggiannya, objek-objek umum yang berada pada setiap lapisan beserta informasinya. Teknologi yang di buat dapat berjalan pada perangkat dekstop dengan inputan menggunakan joystick sebagai kontrol objek atmosfer bumi. Hasil pengujian yang telah di lakukan menunjukkan bahwa tingkat immersivitas teknologi ini mampu memperoleh gambaran penerimaan pengguna (User Acceptance) terhadap teknologi ini.

Keywords

Mixed Reality, Holographic, Atmosfer Bumi