Abstract
KPP Madya Malang memiliki sebuah aplikasi mobile berbasis Android yang baru saja dibuat. Aplikasi tersebut memiliki tujuan untuk menjalin hubungan antara wajib pajak dan petugas pajak agar hubungan bisa timpal balik. Pada penerapanya aplikasi tersebut jarang digunakan oleh wajib pajak dalam mengakses informasi terkait perpajakan. Untuk mengatahui penyebab hal tersebut maka butuh dianalisa dari aspek usability. Dalam menemukan permasalahan usability metode Heuristic Evaluation adalah salah satu metode yang terbaik. Dengan memusatkan pada penemuan permasalahan usability, Heuristic Evaluation menggunakan evaluator untuk mencari masalah tersebut. Dalam melakukan evaluasi evaluator yang digunakan berjumlah 3 orang dengan berbagai latar belakang. Evaluator dipilih berdasarkan pengalamannya dalam bidang tertentu yang membantu untuk menemukan permasalahan usability. Evaluasi dilakukan berdasarkan Heuristic yang sudah ditentukan dengan berjumlah 9 Heuristic. Permasalahan usability yang ditemukan setelah evaluasi berjumlah 24 masalah terbagi dalam masing-masing Heuristic. Setiap permasalahan memiliki tingkat severity atau kepelikan masalah dengan tingkat rata-rata severity untuk semua masalah adalah 1.9 poin dalam skala Nielsen. Dalam skala Nielsen 1.9 berarti tingkat masalah usability pada aplikasi yang diteliti memiliki tingkat Minor. Dengan jumlah masalah dan tingkat kepelikan tersebut maka dibuat 3 rekomendasi utama untuk perbaikan terhadap aplikasi yang sudah dievaluasi.