RANCANG BANGUN PERMAINAN EDUKASI PENGENALAN KONSEP LOGIKA PEMROGRAMAN

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 18
Year of Publication: 2015
Alfika Nursyahrinanto Muis, Wibisono Sukmo Wardhono dan Eriq Muh. Adams Jonemaro
Download Article

 


Abstract

Tingginya  tingkat kesulitan dalam mempelajari bahasa pemrograman computer menuntut adanya inovasi dalam pengembangan metode dan media pembelajarannya. Membuat game edukasi menggunakan permainan jenis puzzle ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengenalan teori pemrograman kepada setiap individu dengan latar belakang kemampuan yang berbeda. Permainan jenis puzzle ini dapat melatih pemain untuk memecahkan teka-teki berdasarkan logika dan penyelesaian pola. Pengenalan bahasa pemrograman terdiri dari sequentional, procedure, dan loops (recursive). Pengembangan game dimulai dari menentukan ide prototype, formal element, membuat paper prototype, digital prototype, dan melakukan playtesting yang dilakukan oleh responden. Implementasi game menggunakan engine unity3D. Output dari pengujian combinatorial adalah setiap kemungkinan dari kombinasi elemen game berjalan tanpa masalah  dan hasil pengujian test flow diagram menggunakan metode minimum path generation adalah setiap kemungkinan alur gameplay berjalan dengan baik pada game. Berdasarkan beberapa pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan disimpulkan bahwa game yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria dan kualitas sesuai dengan yang diharapkan.

Keywords

Permainan Edukasi, Pemrograman, Puzzle, Prototype