SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI BARANG ONLINE MENGGUNAKAN METODE WEB SCRAPING DAN FUZZY - SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS E-COMMERCE INDONESIA)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 8 - Number 17
Year of Publication: 2016
Boni Saputra, Edy Santoso dan Lailil Muflikhah
Download Article

 


Abstract

Electronic Commerce (E-commerce) adalah media yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online, E-commerce mengalami pertumbuhaan yang sangat pesat pada satu dekade terakhir, ditunjukkan dengan maraknya iklan E-commerce yang tayang di televisi, tingginya traffic kunjungan situs-situs E-commerce, dan tingginya jumlah instalasi aplikasi E-commerce di perangkat bergerak. Seiring dengan laju pertumbuhan E-commerce yang begitu pesat di dunia maupun di Indonesia, memungkinkan terjadinya tindak kejahatan, seperti penipuan dan pemalsuan barang yang akan diperjualbelikan.

Untuk mengatasi tindak kejahatan E-commerce, dibutuhkan sistem yang mampu me-rekomendasikan barang terbaik pada setiap E-commerce, sistem yang dibangun sebagai solusi untuk meminimalisir tindak kejahatan E-commerce adalah sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Barang Online Menggunakan Metode Web scraping dan Fuzzy Simple Additive Weighting. Metode Web scraping digunakan untuk mendapatkan data E-commerce dan metode Fuzzy Simple Additive Weighting digunakan untuk merekomendasikan barang terbaik.

Dari hasil pengujian dan analisa yang telah dilakukan, fungsional sistem memiliki nilai akurasi 100%. Artinya sistem dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan perancangan. Perubahan jumlah data atau sensivitas berpengaruh pada nilai kesesuaian akurasi rekomendasi, semakin banyak data yang diuji maka semakin tinggi nilai kesesuaian rekomendasi.

Keywords

E-commerce, jual-beli online, Web Scraping, Simple Additive Weighting, Fuzzy