PEMBANGUNAN DATA WAREHOUSE BAGIAN KEUANGAN PADA INSTANSI PENDIDIKAN (STUDI KASUS: FAKULTAS XYZ)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2017 by Doro Jurnal
Volume 9 - Number 17
Year of Publication: 2017
Muchlis Firmansyah, Satrio Agung W. dan Niken Hendrakusma Wardani
Download Article

 


Abstract

Fakultas XYZ sebagai bagian dari sebuah instansi pendidikan yang memiliki bidang atau bagian administrasi keuangan untuk mengolah seluruh keuangan fakultas. Bagian keuangan pada Fakultas XYZ memiliki tugas pokok dalam melaksanakan fungsi bagiannya, yakni melakukan perencanaan, monitoring, evaluasi, dan juga eksekusi. Adapun kegiatan administrasi keuangan yang dilakukan pada Fakultas XYZ diantaranya terdiri dari pengumpulan, penyusunan data-data keuangan, pengolahan keuangan, dan penyusunan hasil laporan keuangan. Sistem informasi pada bagian keuangan Fakultas XYZ terdiri dari beberapa sistem yang digunakan sebagai sistem oprasional pada bagian keuangan itu sendiri. Dalam melakukan analisa dari banyak sumber data yang ada akan membutuhkan sumber daya yang cukup besar, terutama pada analisa pada bagian keuangan. Hal yang perlu dilakukan untuk mengetahui perkembangan maupun melakukan pengambilan keputusan strategis mengenai hal keuangan pada Fakultas XYZ tersebut ialah dengan melakukan analisis terhadap data-data yang berkaitan dengan pemasukan maupun pengeluran yang dilakukan secara periodik, pada penelitian ini dilakukan pembangunan data warehouse sebagai langkah penyelesaian permasalahan yang ada. Adapun dalam pembangunan data warehouse ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Nine Step Design Method yang menghasilkan 2 tabel fakta dan 7 tabel dimensi. Dilanjutkan dengan implementasi ETL, kemudian melakukan pengujian validasi dengan hasil valid pada seluruh kasus uji yang diujikan dan juga dilakukan pengujian performansi ETL dari segi waktu, dengan hasil keseluruhan waktu yang dibutuhkan rata-rata ±4 detik dengan jumlah total data transaksi 113.960 data

Keywords

data warehouse, nine step design method, snowflake, institusi pendidikan, pengujian performansi, pengujian validasi