Abstract
Metode pembelajaran menentukan apakah anak akan menangkap dan memahami benar apa yang telah dipelajari, ada banyak metode pembelajaran yang dapat di lakukan untuk lebih memberikan pemahaman yang lebih. Terdapat pelajaran yang membutuhkan lebih sekedar pembelajaran menggunakan buku, salah satunya adalah pembelajaran tentang pencernaan makanan pada manusia. Pencernaan makanan yang terletak di dalam tubuh akan sulit untuk dibayangkan oleh anak karena terdapat di dalam tubuh manusia.
Oleh karena itu pada penelitian ini dirancang dan diimplementasikan aplikasi perangkat bergerak system pembelajaran Pencernaan Makanan Pada Manusia yang menerapkan teknologi Mixed Reality (MR) dengan metode Projection Mapping. Teknologi Mixed Reality adalah teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dan dunia 3D yang nantinya akan menggunakan alat Android TV dan sebuah proyektor. Pada aplikasi ini dirancang untuk menampilkan animasi 3D dari system pencernaan pada manusia secara langsung dan akan disorotkan langsung pada seseorang sehingga terlihat lebih nyata. Aplikasi juga dapat menampilkan suara penjelasan dari animasi 3D yang telah berjalan.
Pada hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi mampu mengenali marker berupa gambar pencernaan makanan dengan baik pada jarak 4cm sampai 15cm dengan rata-rata 02.59 detik dalam memunculkan objek 3D. Pada pengujian fungsionlitas didapatkan hasil bahwa implementasi aplikasi sesuai dengan perancangan daftar kebutuhan dan juga pada pengujian projection mapping didapatkan prosentase sebesar 84% bahwa objek yang diproyeksikan sudah sesuai dengan orang yang menjadi objek peraga. Pada pengujian usability juga didapatkan nilai rata-rata penerimaan user adalah diatas 3 dari skala 5 dapat diartikan bahwa aplikasi pencernaan makanan pada manusia mudah untuk dipahami oleh user dari setiap atribut usability.