ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA BISNIS CONVENTIONAL DEPARTMENT STORE (Studi Kasus : Toko Suramadu Sumenep)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 5 - Number 17
Year of Publication: 2015
Nur Subhan Wildani, Diah Priharsari dan Satrio Agung W.
Download Article

 


Abstract

Toko Suramadu adalah sebuah Conventional Department Store yang bergerak dibidang konveksi dimana menjual berbagai jenis kebutuhan sandang. Perusahaan ini sudah memiliki banyak pelanggan yang tersebar dibeberapa kota. Pentingnya menjaga kesetiaan pelanggan menjadi salah satu kendala utama yang ada pada perusahaan  ini baik itu pelanggan lama maupun pelanggan baru, karena adanya informasi terbaru yang diberikan kepada pelanggan dapat memberikan dampak positif bagi pendapatan perusahaan. Berdasarkan penelitian, perusahaan sudah melakukan promosi namun hanya pada wilayah yang terbatas dan kurang menyeluruh. Oleh karena itu, perlu dirancang sebuah system  informasi yang akan  mempermudah perusahaan dalam mengelola informasi event dan produk yang ada di perusahaan dan juga mengelola pelanggan di perusahaan tersebut. Sistem informasi tersebut dibuat dengan mengembangkan konsep Customer Relationship Management dan dibangun dengan framework CI.

Sistem informasi  ini diuji menggunakan pengujian validasi yang akan menilai bahwa system dapat menjalankan setiap fungsinya sesuai dengan analisis kebutuhan dan pengujian usability untuk menilai respon dari koresponden yang berhubungan langsung dengan system. Dengan begitu dapat disimpulkan secara keseluruhan system sangat bermanfaat dan memenuhi kebutuhan pengguna.

 

Keywords

Sistem Informasi, Customer Relationship Management, framework, usability, validasi