ANALISIS PROSES BISNIS PADA KB DAN TK PERMATA IMAN MALANG MENGGUNAKAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT FRAMEWORK

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2017 by Doro Jurnal
Volume 9 - Number 17
Year of Publication: 2017
Nadya Rizky Arimurti, Satrio Agung W. dan Niken Hendrakusma Wardani
Download Article

 


Abstract

KB dan TK Permata Iman merupakan instansi yang bergerak dibidang jasa pendidikan dasar yaitu kelompok bermain (KB) dan taman kanak-kanak (TK) yang berada di kota Malang. KB dan TK Permata Iman mempunyai 4 proses bisnis utama yaitu, penerimaan siswa, evaluasi siswa, keuangan dan laporan pembelajaran serta proses bisnis pendukung yaitu pembayaran biaya pendidikan, perekrutan karyawan sekolah, tracking kelulusan, penggajian karyawan sekolah, dan pemeliharaan sarana-prasarana. Dalam menjalankan proses bisnisnya KB dan TK Permata Iman belum mempunyai standar atau ketetapan, apa yang dikerjakan hanya berdasarkan perintah dari atasan tanpa adanya struktur atau alur kerja yang konsisten. Sehingga hal tersebut dapat memperlambat setiap proses bisnis yang berjalan di organisasi tersebut. Sebagai instansi yang telah berakreditasi A dan berstandar internasional untuk sistem manajeman mutu yaitu ISO 9001:2000, KB dan TK Permata Iman dituntut untuk meningkatkan kualitas atau mutu, baik dari segi pendidikan maupun menajemen organisasinya. Untuk itu analisis dari setiap proses bisnis yang sudah diterapkan pada KB dan TK Permata Iman perlu dilakukan lebih detail, sehingga dapat dievaluasi proses bisnis apa saja yang perlu dilakukan perbaikan dan diberi rekomendasi. Penelitian ini menggunakan Business Process Improvement Framework fase 1: organizing improvement, fase 2: understanding the process, fase 3: streamlining. Dari hasil analisis proses bisnis pada KB dan TK Permata Iman, dihasilkan perbandingan waktu dan sumber daya antara proses bisnis saat ini dan proses bisnis rekomendasi. Pada proses bisnis penerimaan murid baru, selisih rata-rata waktu antara proses bisnis saat ini dengan rekomendasi adalah 3 hari 12 jam. Sehingga dapat disimpulkan proses bisnis rekomendasi yang diberikan lebih efisien dibandingkan dengan proses bisnis yang berjalan di KB dan TK Permata Iman

Keywords

business process improvement, BPI, proses bisnis, streamlining, analisis proses bisnis