ANALISIS PROSES BISNIS DI DIVISI SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN METODE QUALITY EVALUATION FRAMEWORK (STUDI KASUS: RSI UNISMA)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2017 by Doro Jurnal
Volume 9 - Number 16
Year of Publication: 2017
Nur Fitriyah Lestari, Aditya Rachmadi dan Fajar Pradana
Download Article

 


Abstract

Saat ini tingginya tingkat rekrutmen karyawan di RSI UNISMA menurut rekap data tahun 2015 yaitu sebanyak 37 kali. Sedangkan perawat sendiri sangat dibutuhkan dalam penanganan proses bisnis lain yang ada di RSI UNISMA. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi proses bisnis rekrutmen karyawan baru untuk mengetahui mana aktivitas yang bisa ditingkatkan dan dipersingkat waktunya sehingga kekurangan karyawan bisa segera ditutupi. QEF merupakan metode yang digunakan untuk melakukan evaluasi pada proses bisnis rekrutmen karyawan baru. Evaluasi QEF dilakukan dengan mengevaluasi tiap aktivitas. Evaluasi QEF ini  melibatkan stakeholder perusahaan yang mana stakeholder berperan penting dalam penentuan kebutuhan non fungsional perusahaan sehingga nantinya akan didapatkan business process concept, quality factor dan quality metric. Kebutuhan non fungsional sendiri dihitung secara kuntitatif dengan menggunakan quality objective yang nantinya akan menghasilkan target. Setelah dilakukan perhitungan dengan quality metric sesuai dengan quality factor maka hasil dari perhitungan dibandingkan dengan target yang sebelumnya telah ditentukan oleh stakeholder. Jika hasil evaluasi lebih rendah dari target maka perlu dilakukan perbaikan. Dan jika hasil evaluasi lebih tinggi maka aktivitas yang dievaluasi tersebut tidak perlu dilakukan perbaikan. Hasil itu sendiri nantinya akan diberikan kepada stakeholder untuk penanganan lebih lanjut

Keywords

stakeholder, kebutuhan non fungsional, quality objective, business process concept, quality factor, quality metric