Abstract
Pathfinding dalam permainan video game merupakan masalah yang umum ditemui. Penyelesaian masalah pathfinding dalam permainan haruslah diselesaikan dengan cepat dan ringan. Jika tidak akan mempengaruhi gameplay dan peforma dari game itu sendiri. Algoritma A* merupakan algoritma yang umum digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pathfinding. Namun algoritma A* memiliki kelemahan jika diimplementasikan ke dalam peta permainan yang besar. Karena algoritma A* akan menelusuri semua node untuk menemukan node tujuan. HPA* merupakan algoritma untuk mempersempit ruang lingkup pencarian dengan melakukan partisi pada peta grid ke dalam clusters. Sehingga dapat mempersingkat waktu pencarian dan memperkecil penggunaan memori. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan judul "Implementasi Pathfinding Pada First Person Military Simulation Game Dengan Menggunakan Hierarchical Pathfinding A*" dengan harapan pencarian jalur NPC pada First Person Military Simulation Game dapat berjalan secara optimal. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa HPA* mengurangi upaya dan mempercepat pencarian jalur