PENERAPAN METODE FUZZY -ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( F-AHP ) UNTUK PENERIMAAN SISWA BARU (Studi Kasus: SDN Sukabumi 2 Probolinggo)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 16
Year of Publication: 2015
Ramadhana Sanja Arif, Rekyan Regasari Mardi Putri dan Sutrisno
Download Article

 


Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dirinya sendiri. Salah satu pendidikan yang berbasis sekolah dasar adalah SDN Sukabumi 2 Probolinggo yang merupakan sekolah terbaik di Kota Probolinggo. Salah satu program sekolah setiap tahunnya adalah penerimaan siswa baru yang disebut P2DB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Dalam proses P2DB, Tim Seleksi menggunakan aturan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo. Namun, Tim Seleksi P2DB memiliki pro dan kontra terhadap prosedur peniliannya. Permasalahan yang ada antara lain, kriteria penilaian dirasa kurang dengan visi dan misi sekolah, selain itu prosedur penilaian yang dilakukan lebih mengutamakan satu aspek dan kurang memperhatikan aspek lainnya. Subjektivitas menjadi salah satu fokus utama pada skripsi ini. Menggunakan metode F-AHP merupakan salah satu prosedur untuk menyelesaikan permasalahan subjektivitas P2DB SDN Sukabumi 2 Probolinggo. Salah satu prosedur mengurangi resiko subjektivitas pada F-AHP terdapat transformasi TFN terhadap skala AHP. Kemudian, nilai intensistas pada skala AHP difuzzyfikasikan sesuai dengan aturan. Skripsi ini menggunakan 147 data calon siswa baru SDN Sukabumi 2 Probolinggo 2014 – 2015 dengan 7 kriteria. Hasil pengujian yang telah dilakukan dan didapatkan akurasi sebesar 97,65 %. Dengan akurasi yang mendekati 100%, dapat dikatakan Metode F-AHP diimplementasikan dengan baik dan berhasil memenuhi kebutuhan seleksi P2DB SDN Sukabumi 2 Probolinggo.

Keywords

Pendidikan, AHP, Logika Fuzzy, Fuzzy AHP, Akurasi