Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan penggunaan user-centered design pada perancangan tampilan antarmuka situs e-commerce perusahaan clothing Venus Ve. Dalam melakukan perancangan antarmuka situs digunakan empat aktivitas dasar interaction design, yaitu memahami kebutuhan, membuat usulan desain, membuat prototipe antarmuka situs, dan melakukan evaluasi. Proses memahami kebutuhan dilakukan dengan melakukan wawancara pada pemilik perusahaan dan target pengguna untuk menggali informasi tentang bagaimana situs tersebut akan dirancang dan preferensi serta tujuan pengguna dalam menggunakan situs, yang akan dimodelkan dalam bentuk persona bagi setiap kategori pengguna. Pembuatan usulan desain dilakukan dengan merancang model konseptual situs berdasarkan kebutuhan interaksi pengguna dengan situs dan membuat wireframe, dengan mengikuti design guidelines perancangan tampilan antarmuka. Tahap selanjutnya ialah membuat prototipe tampilan antarmuka sesuai dengan wireframe yang telah dibuat sebelumnya. Evaluasi terhadap prototipe akan dilakukan dengan usability testing sebanyak dua kali kepada target uji yang berasal dari tiga kategori pengguna situs. Pengujian tahap pertama menghasilkan perlunya perubahan pada beberapa bagian tampilan antarmuka situs serta langkah-langkah untuk melakukan pembelian produk. Hasilnya pada pengujian tahap kedua terjadi peningkatan nilai usabilitas pada poin-poin yang diukur yaitu learnability, efficiency, errors, dan satisfaction. Hasil pengujian tahap kedua kemudian menjadi dasar untuk melakukan perbaikan tampilan antarmuka situs Venus Ve untuk pengembangan lebih lanjut ke depannya.