Abstract
Pola pikir masyarakat saat ini sudah jauh lebih berkembang. Masyarakat sudah mulai tertarik dan sadar untuk memiliki cakupan perlindungan dari perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi di Indonesia sendiri sangatlah beragam, salah satunya PT. Asuransi Central Asia. Namun pada perusahaan ini, untuk memberikan keputusan akan produk asuransi bagi nasabah masih mengikuti keinginan dari nasabah itu sendiri dibanding dengan melihat kondisi dan kemampuan nasabah, sehingga pemilihan produk pun dirasa kurang efektif dan tidak sesuai. Dari permasalahan tersebut, maka dirancang sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan keputusan pemilihan produk asuransi dengan tepat.
Penelitian ini menggunakan metode Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil pengujian akurasi yang didapatkan dari kesesuaian antara data perusahaan dengan data hasil sistem sebesar 80%. Sedangkan untuk pengujian threshold, didapatkan akurasi terbaik sebesar 80% dengan penggunaan threshold sebesar 0.07 pada threshold_A, 0.38 pada threshold_B, 0.6 pada threshold_C, dan 0.65 pada threshold_D. Selain itu, sesuai dengan hasil pengujian sensitivitas yang telah dilakukan, adanya perubahan nilai bobot kriteria akan membuat perubahan ranking dan hal tersebut sebagai pembuktian bahwa kriteria bersifat sensitif.