Rancang Bangun Game Augmented Reality Pertempuran Surabaya 10 November 1945 Pada Perangkat Mobile Berbasis Android

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 16
Year of Publication: 2015
Dinda Adimanggala, Wibisono Sukmo Wardhono dan Issa Arwani
Download Article

 


Abstract

Dalam dunia pendidikan, pengenalan sejarah menjadi masalah utama. Banyak siswa yang tidak memahami makna sejarah, bahkan peristiwa bersejarah di Indonesia. Hal ini dikarenakan pengajaran sejarah yang mengutamakan fakta keras yang hanya akan menimbulkan kebosanan dan keengganan di kalangan siswa. Sebuah pendekatan visual dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu pendekatan visual yang dapat digunakan adalah game edukas I bertemakan sejarah yang menggunakan teknologi augmented reality dan dikembangkan pada perangkat mobile berbasis android. Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan objek virtual kedalam dunia nyata secara interaktif. Game ini difokuskan pada cerita sejarah pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya. Hasil pengujian game menunjukkan bahwa game membuat pemain menjadi senang dan tertarik. Tingkat pemahaman carita sejarah dalam game ini juga cukup baik.

Keywords

Sejarah, Game, Augmented Reality, 10 November, Android