PERBAIKAN PROSES BISNIS LAYANAN PADA BIDANG PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK) DINAS PENDIDIKAN KOTA BLITAR DENGAN TEKNIK ESIA

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2017 by Doro Jurnal
Volume 9 - Number 16
Year of Publication: 2017
Evi Nur Musliati, Ismiarta Aknuranda dan Satrio Agung W.
Download Article

 


Abstract

Peningkatan harus selalu dilakukan oleh organisasi agar mampu menghasilkan layanan yang lebih baik seiring dengan bertambahnya waktu. Masalah pada proses bisnis di Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, yaitu adanya suatu aktivitas yang dilaksanakan berulang-ulang dan tidak adanya kepastian waktu penyelesaian proses bisnis. Ekspektasi dari Bidang PTK terhadap proses bisnis yaitu dapat berjalan lebih efisien dengan bantuan teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan model proses bisnis saat ini yang terdapat pada Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar; (2) menghasilkan model proses bisnis usulan yang terdapat pada Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar dengan menggunakan teknik ESIA; (3) menghasilkan perbandingan hasil simulasi proses bisnis saat ini dengan proses bisnis usulan pada Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kota Blitar. Penelitian dimulai dengan studi kepustakaan. Kemudian pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Setelah terkumpul, dilakukan pemodelan proses bisnis saat ini, analisis proses bisnis saat ini, memodelkan proses bisnis usulan, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian didapatkan (1) pemodelan delapan proses bisnis pada Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan; (2) model proses bisnis usulan dari penerapan teknik ESIA; (3) hasil perbandingan yang menunjukkan adanya peningkatan efisiensi dari proses bisnis.

Keywords

proses, bisnis, perbaikan, pemodelan, BPMN, ESIA