ANALISIS SISTEM ANTREAN ONLINE PADA KLINIK KECANTIKAN

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 16
Year of Publication: 2016
Fatima Ocka Ariyanti, Diah Priharsari dan Aditya Rachmadi
Download Article

 


Abstract

Antrean yang lama merupakan hal yang menyebalkan bagi kebanyakan orang. Permasalahan antrean juga dapat mengakibatkan perusahaan kehilangan pelanggannya termasuk klinik kecantikan. Perlu adanya pemecahan permasalahan antrean ini, salah satunya adalah dengan perancangan sistem antrean online. Dalam proses perancangan, akan dilakukan analisis dengan cara pengamatan ke klinik kecantikan untuk mengetahui faktor-faktor yang perlu diperhatikan saat merancang suatu sistem antrean online. Dari pengamatan yang dilakukan, muncul dua alternatif untuk sistem antrean online, yakni sistem regular (antre seperti biasa) dan sistem booking/reservasi (melakukan pemesanan terlebih dahulu). Kedua alternatif sistem yang muncul akan diujikan kepada user dengan metode usability testing. Pada pengujian ini akan dihitung nilai learnability, efficiency, errors, dan satisfaction dari user terhadap kedua alternatif sistem yang telah dibuat. Selain itu akan dilakukan perbandingan preferensi user terhadap kedua sistem, apakah user lebih nyaman menggunakan sistem regular atau sistem booking.

Keywords

Antrean Online, Klinik Kecantikan, Usability Testing.