Abstract
Pelayanan publik merupakan salah satu tugas penting yang tidak dapat diabaikan oleh pemerintah daerah, sebab jika komponen pelayanan terjadi stagnasi, maka hampir dipastikan semua sektor akan berdampak kemacetan. Oleh sebab itu, perlu ada perencanaan yang baik dan bahkan perlu diformulasikan standar pelayanan pada masyarakat sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat pada pemerintah daerah. Perbaikan kinerja pelayanan publik akan mempunyai dampak yang luas terutama dalam tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, sedangkan kurang baiknya kinerja selama ini menjadi salah satu faktor penting yang mendorong munculnya krisis kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Pendidikan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) yang sangat berkaitan dengan kepentingan masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan dengan sistem pelayanan operasional yang dirasa kurang efektif. Pelayanan masyarakat dapat dikategorikan efektif apabila masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat, tepat dan memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui model proses bisnis saat ini di bidang Dikdasmen Dinas Pendidikan Kota Blitar menggunakan BPMN (2) untuk melakukan perbaikan proses bisnis saat ini dengan menggunakan teknik ESIA. (3) untuk mengetahui hasil perbandingan model proses bisnis saat ini dan proses bisnis usulan pada Bidang Dikdasmen Dinas Pendidikan Kota Blitar. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan (1) model proses bisnis saat ini di bidang Dikdasmen Dinas Pendidikan Kota Blitar meliputi permohonan mutasi, permohonan ijazah hilang atau rusak, penerimaan peserta didik baru (PPDB), pembinaan bakat minat, persiapan Ujian Nasional, dan pengembangan mental kepribadian. (2) perbaikan proses bisnis dengan menggunakan teknik ESIA menghasilkan proses bisnis menjadi efektif yaitu prosesnya menjadi lebih cepat dari sebelumnya. (3) hasil perbandingan menunjukkan proses bisnis usulan lebih efektif dalam waktu pelayanan