Abstract
Perpustakaan umum dan arsip daerah Kota Malang merupakan salah satu fasilitas daerah yang disediakan pemerintah untuk mendukung proses layanan pendidikan yang ada di Kota Malang. Penerapan teknologi informasi pada perpustakaan umum dan arsip daerah Kota Malang dapat dilihat dengan adanya sebuah sistem perpustakaan digital berbasis website atau biasa disebut digital library (digilib). Tujuan adanya perpustakaan digital tersebut untuk mendukung operasional perpustakaan dan membantu tugas pustakawan dalam mengelola perpustakaan (Perpustakaan Kota Malang, 2016). Namun, berdasarkan data yang didapat dari bagian layanan informasi serta keluhan perpustakaan umum dan arsip daerah Kota Malang, terdapat data feedback pengguna yang menyatakan bahwa layanan digital library (digilib) masih kurang sesuai harapan. Maka dari itu, perlu adanya evaluasi kualitas layanan terhadap sistem perpustakaan digital Kota Malang. Evaluasi ini digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan sebuah sistem website dengan menggunakan variabel-variabel pada Webqual 4.0 berdasarkan perilaku dan pemahaman pengguna dalam mengakses perpustakaan digital (usability). Rekomendasi perbaikan diberikan berdasarkan prioritas hasil terhadap kepentingan pengguna. Nilai kualitas layanan sistem perpustakaan digital Kota Malang berdasarkan 22 variabel pernyataan Webqual 4.0. Pernyataan Q3 dan Q5 dengan nilai 12,07% pada indikator usability, pernyataan Q14 dengan nilai 13,86% pada indikator information quality, dan pernyataan Q20 dengan nilai 13,93% pada indikator service interaction. Penilaian kinerja dan kepentingan sistem dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), dimana hasil rata-rata nilai kesenjangan (GAP) sebesar -0.6230 dan nilai kesesuaian sebesar 84.10%. Hal ini menandakan kualitas kinerja kurang atau belum dapat memenuhi kepentingan (harapan) pengguna karena nilai GAP ≤0