Abstract
Pada pemilu legislatif 2009 lalu terdapat hampir 50 juta pemilih (29%) yang golput dan diperkirakan akan semakin meningkat pada pemilu 2014. Salah satu alasan terbesar golput adalah keengganan masyarakat untuk memilih karena kurang mengenal calon anggota legislatif, Untuk itu maka perlu dirancang suatu sistem informasi berbasis perangkat bergerak untuk memudahkan masyarakat mengetahui calon anggota legislatif berbasis perangkat bergerak. Aplikasi ini diharapkan sebagai alternatif untuk mengurangi tingkat golput di Indonesia yang semakin meningkat khususnya pada tahun 2014.
Dalam skripsi ini dirancang sistem informasi berbasis perangkat bergerak untuk mempermudah masyarakat mengetahui informasi calon legislatif yang akan dipilih, karena smartphone berbasis perangkat bergerak merupakan perangkat yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia secara umum.
Perancangan aplikasi sistem kampanye dibuat sesuai dengan kebutuhan yang telah dijabarkan pada tahap analisis kebutuhan dengan pendekatan berorientasi objek menggunakan pemodelan UML (unified modeling language). Berdasarkan pengujian usability menggunakan Skala Likert, implementasi aplikasi client Sistem Kampanye Virtual Calon Anggota Legislatif memiliki skor 77.1% yang berarti bahwa nilai kegunaan dari aplikasi cukup baik dan menunjukkan bahwa aplikasi client Sistem Kampanye Virtual Calon Anggota Legislatif mudah digunakan.