Abstract
Keluhan masyarakat terjadi akibat permasalahan yang muncul dibidang fasilitas umum dan pelayanan umum. Sebagian besar keluhan tersebut tidak tersampaikan kepada pemerintah daerah akibat kondisi manajemen pengaduan keluhan masyarakat yang belum optimal dan dianggap belum efektif. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, dibangun sebuah sistem pelaporan keluhan masyarakat berbasis Android yang akan memepermudah masyarakat dalam menyampaikan dan menampung keluhannya. Aplikasi akan memanfaatkan geotagging untuk mempermudah pengguna mendapatkan lokasi ketika menggunakan sistem untuk melaporkan keluhan dalam bentuk foto. Lokasi yang didapatkan berupa koordinat latitude dan longitude yang akan dikelompokkan berdasarkan wilayah kecamatan dalam kota Malang dengan bantuan metode point in polygon. Hasil pengujian fungsional menggunakan pendekatan kotak hitam (black-box) berupa uji validasi menunjukkan bahwa sistem sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan fungsional utama sistem. Hasil pengujian akurasi terhadap metode point in polygon menunjukkan hasil akurasi sebesar 100% sehingga metode tersebut layak diterapkan guna menunjang kinerja sistem