Abstract
User Centered Design adalah sebuah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari sebuah proses pengembangan sistem. Pendekatan User Centered Design telah didukung berbagai teknik, metoda, tools, procedur, dan proses yang membantu perancangan sistem interaktif yang lebih berpusat pada pengguna. Pengelolaan hotel pada umumnya saat ini menggunakan Property Management System yang dibeli dari perusahaan lokal maupun internasional. Masalah umum dari sistem pengelolaah hotel adalah dalam aspek kemudahan penggunaan sistem tersebut. Dengan adanya masalah tersebut pengguna akan merasa tidak puas dengan sistem tersebut meskipun tujuan utama terpenuhi namun keinginan dan kenyamanan pengguna tidak terpenuhi.
Penulisan ini bertujuan untuk merancang sistem pengelolaan hotel menerapkan metode User Centered Design. Studi kasus dari penelitian ini adalah salah satu hotel yang sudah menggunakan Property Management System di Malang yaitu Hotel Horison Ultima Malang. Hotel ini menggunakan Property Management System Maxial sebagai sistem pengelolaan hotelnya. Model pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah model prototyping. Dengan menggunakan model ini dapat mendukung proses User Centered Design karena pengguna berperan sebagai pusat proses pengembangan sistem sehingga dibutuhkan komunikasi yang baik dalam proses pengembangannya. Metode pengujian yang digunakan pada penelitian ini adalah white box testing, black box testing dan usability testing. Usability Testing digunakan untuk mengukur tingkat daya guna sistem yang telah diimplementasikan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membuktikan bahwa sistem pengelolaan hotel dengan menerapkan metode User Centered Design dapat meningkatkan daya guna pengguna dalam mengoperasikan sistem