Abstract
Air mineral merupakan kebutuhan pokok yang berfungsi sebagai alat pelarut zat-zat nutrisi dan juga sebagai pembawa oksigen keseluruh tubuh manusia. Oleh karena itu muncul penjualan berbagai macam air mineral instan dalam berbagai kemasan dan merek. Kemasan yang tersedia saat ini ada berbagai variasi, yaitu dalam gelas, botol, dan galon.. Banyaknya tuntutan kepada manusia untuk bekerja menjadikan manusia saat ini lebih suka dengan sesuatu yang instan, salah satunya air mineral. Mereka cukup memesan lewat SMS (Short Message Service) dalam beberapa menit pun air mineral sudah akan diantar oleh agen kepada pelanggan. Pada skripsi ini sales yang terlibat lebih dari satu sales sehingga permasalahan disebut sebagai Multiple Travelling Salesperson Problem (M-TSP). Metode yang digunakan yaitu algorima genetika. Pada proses algoritma genetika ini menggunakan representasi permutasi dengan panjang kromosom sesuai dengan banyaknya pesanan pelanggan, yang setiap angka pada gennya merepresentasikan nomor pelanggan, metode crossover yaitu one-cut point, metode mutasi dengan exchange mutation dan diseleksi dengan roulette wheel. Dari hasil pengujian yang dilakukan diperoleh parameter optimal yaitu ukuran populasi sebesar 100 individu dengan rata-rata fitness sebesar 0.770, 80 generasi dengan rata-rata fitness sebesar 0.772 dan kombinasi cr = 0.9 dan mr 0.1 dengan rata-rata fitness sebesar 0.773. Hasil akhir berupa kombinasi urutan pelanggan yang harus didatangi oleh masing-masing sales beserta dengan total jarak yang paling minimum.