RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN PROSES METAMORFOSIS PADA SISWA KELAS V

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 14
Year of Publication: 2016
Dyah Ayu Lestari, Eriq Muh. Adams Jonemaro dan Wibisono Sukmo Wardhono
Download Article

 


Abstract

Media pembelajaran yang populer digunakan saat ini masih berupa buku-buku atau masih berupa media pembelajaran dua dimensi. Salah satu materi pada mata pelajaran (Ilmu Pengetahuan Alam)IPA yang banyak menggunakan gambar sebagai visualisasinya adalah materi metamorfosis. Hal ini dinilai kurang efektif karena media pembelajaran dua dimensi hanya bisa dilihat pada satu sisi. Augmented reality merupakan perpaduan antara virtual reality(objek virtual) dengan world reality(dunia nyata). Augmented reality merupakan media interaktif pengganti gambar-gambar dua dimensi. Dengan adanya aplikasi ini peserta didik menerima visualisasi yang lebih interaktif dibandingkan dengan gambar dua dimensi. Pada aplikasi ini terdapat dua buah scene metamorfosis yaitu, metamorfosis kupu-kupu, dan metamorfosis belalang yang pada masing-masing fase digambarkan dalam bentuk objek tiga dimensi dan suara. Aplikasi ini dapat mendeteksi marker dengan jarak antara 15cm – 100 cm. Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan hasil pengujian presentase pre test sebesar 50% dan post test 70%. Aplikasi ARMe dapat berjalan pada smartphone dengan OS android mulai versi 4.1 hingga 5.1.

Keywords

Augmented Reality, pembelajaran, metamorfosis, smartphone, android