PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS - WEIGHTED PRODUCT (AHP-WP) UNTUK PENERIMAAN SISWA BARU (Studi Kasus: SDN Sukabumi 2 Probolinggo)

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 14
Year of Publication: 2015
Astrid Affira Saprida, Rekyan Regasari Mardi Putri dan Sutrisno
Download Article

 


Abstract

SDN Sukabumi 2 Probolinggo merupakan salah satu sekolah percontohan dengan jenjang pendidikan dasar di Kota Probolinggo. Setiap tahunnya melakukan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) dengan menggunakan pedoman dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo. Terdapat Tim Panitia P2DB yang bertugas dalam proses penerimaan siswa baru, namun terjadi masalah mengenai aspek penilaian pada pedoman yang dianggap masih kurang optimal untuk digunakan dalam penilaian. Selain itu juga terdapat perbedaan pendapat antar panitia dalam proses pengambilan keputusan dalam menentukan siswa mana yang akan diterima, dan seiring dengan berkembangnya potensi siswa maka diperlukan adanya penilaian yang bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada. Dari permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sistem dengan menerapkan metode matematis yang mampu memenuhi proses penerimaan siswa baru yang efektif, mampu menghasilkan keputusan dengan cepat dan tepat dalam menyelesaikan masalah seleksi penerimaan siswa baru. Skripsi ini menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang digunakan untuk pembobotan kriteria dan metode Weighted Product (WP) digunakan untuk perangkingan alternatif dan pengambilan keputusan. Terdapat 147 data calon siswa baru SDN Sukabumi 2 Probolinggo 2014-2015 dengan tujuh aspek kriteria penilaian digunakan dalam proses penerimaan siswa baru dan perhitungan sistem. Hasil pengujian kesesuaian sistem memberikan hasil sebesar 96,88%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem telah mampu memberikan keputusan dalam P2DB SDN Sukabumi 2 Probolinggo tahun ajaran 2014-2015.

Keywords

P2DB (Penerimaan Peserta Didik Baru), Analytical Hierarchy Process, Weighted Product.