PENILAIAN PENGGUNA TERHADAP ANTARMUKA SITUS BERDASARKAN ASPEK PREFERENSI DAN USABILITY : STUDI KASUS SITUS JUAL BELI ONLINE

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 5 - Number 14
Year of Publication: 2015
Yana Bonita, Diah Priharsari dan Ismiarta Aknuranda
Download Article

 


Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterkaitan antarmuka pengguna situs dengan preferensi dan usability, serta memberikan rekomendasi bagi pengembang antarmuka situs. Tiga situs jual beli barang antik online dipilih dan diujikan kepada 12 partisipan, salah satunya adalah situs Abu Art Shop. Pengujian dilakukan sebanyak dua kali menggunakan metode usability testing, kuesioner, dan wawancara. Setelah pengujian awal, antarmuka situs Abu Art Shop akan diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil perubahan akhir akan diujikan kembali bersama dua situs sebelumnya kepada 12 partisipan yang berbeda.

Hasil dari percobaan ini adalah situs Abu Art Shop  mengalami peningkatan preferensi dan usability. Nilai preferensi situs Abu Art Shop meningkat dari rentang nilai 2,42 - 2,67 menjadi 1,17 - 1,42 dan nilai usability pada aspek umum dari Level Moderate (sedang) menjadi Level Good (Baik). Walaupun pada usability aspek khusus (keberhasilan dan kecepatan menyelesaikan tugas) tidak terjadi peningkatan. Hasil yang beragam ini mungkin disebabkan karena masing-masing partisipan memiliki kebiasaan yang berbeda saat mengakses situs, dan dapat juga dipengaruhi oleh kesalahan teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil atau kesalahan prosedur pengujian. Berdasarkan hal ini, terdapat beberapa rekomendasi yang dapat dipakai untuk meningkatkan preferensi dan usability: 1) konten situs harus memuat poin-poin utama informasi, 2) sesuaikan ukuran dan panjang konten agar tidak memakan waktu terlalu lama dan membutuhkan scrolling yang terlalu panjang, serta 3) kelompokkan navigasi dengan konsisten untuk memudahkan pengguna.

Keywords

Antarmuka Pengguna Situs, Preferensi, Usability