RANCANG BANGUN APLIKASI ENTERTAINMENT ACCESS TERMINAL PADA TABLET ANDROID

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2016 by Doro Jurnal
Volume 7 - Number 14
Year of Publication: 2016
Zidna Ziada El Karim, Herman Tolle dan Aryo Pinandito
Download Article

 


Abstract

Sitem hiburan pada alat transportasi umum dibutuhkan untuk mengatasi rasa bosan ketika berada dalam perjalanan. Sistem hiburan yang ada saat ini cenderung bersifat kolektif sehingga tidak semua penumpang terhibur dengan apa yang tersaji. Melihat dari keberagaman penumpang pada alat transportasi umum, diperlukan sistem hiburan yang mana penumpang dapat memilih hiburan sesuai dengan keinginan masing-masing penumpang.Sistem hiburan pada alat transportasi umum dapat direalisasikan menggunakan teknologi perangkat bergerak berbentuk tablet dan sebuah server. Penggunaan perangkat tablet dikarenakan tablet didukung dengan layar yang lebar sehingga sangat cocok untuk dijadikan media hiburan. Tablet juga didukung dengan Wi-Fi sehingga dapat menghubungkan perangkat dengan server. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi yang dapat berjalan pada perangkat tablet yang dapat digunakan untuk menikmati hiburan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, Aplikasi entertainment access terminal yang dibangun berhasil diimplementasikan pada tablet Android dan telah sesuai dengan perancangan dan kebutuhan pengguna. Hasil pengujian fungsionalitas menunjukkan sistem telah sesuai dengan spesifikasi kebutuhan fungsional. Hasil pengujian usabilitas menunjukkan menunjukkan tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem mencapai skor 73.33 yang berarti tingkat usabilitas sistem termasuk dalam klasifikasi di atas rata-rata. Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan sistem dapat menangani: request web service mencapai 1000 user dengan persentase keberhasilan 99.98%, request konten film mencapai 50 user dengan persentase keberhasilan 60%, request konten musik mencapai 100 user dengan persentase keberhasilan 96%, request konten buku mencapai 500 user dengan persentase keberhasilan 99.4%, dan request konten majalah mencapai 100 user dengan persentase keberhasilan 82%.

Keywords

Klien-Server, Sistem Hiburan, dan Transportasi Umum