EVALUASI TATA LETAK PAPAN KETIK (KEYBOARD LAYOUT) UNTUK PENULISAN TEKS ARAB  STUDI KASUS : ARABIC (101) DAN INTELLARK  

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2014 by Doro Jurnal
Volume 4 - Number 14
Year of Publication: 2014
Almira Syawli, Ismiarta Aknuranda dan Budi Darma Setiawan
Download Article

 


Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan oleh manusia di berbagai belahan dunia. Dalam penggunaannya, pengguna bahasa Arab dapat dibantu dengan tata letak papan ketik (keyboard layout) Arab untuk proses penulisan teks Arab melalui komputer. Arabic (101) merupakan salah satu jenis keyboard layout yang secara luas tersedia. Akan tetapi, timbul permasalahan jika Arabic (101) ini digunakan oleh pengguna Indonesia yang mungkin disebabkan susunan letak karakter Arab yang disusun tidak berdasarkan kemiripan fonetik dengan huruf latin pada QWERTY. Berdasarkan studi literatur, telah ada jenis tata letak papan ketik yang letak karakter Arabnya disusun berdasarkan kemiripan fonetik dengan karakter latin pada QWERTY, yaitu Intellark yang dibuat oleh Intellaren. Tetapi jenis tata letak tersebut belum diketahui apakah sesuai dengan pengguna Indonesia dan lebih baik dari Arabic (101). Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dari Arabic (101) dan Intellark terhadap pengguna Indonesia. Kesesuaian diukur berdasarkan 4 aspek usability, yaitu aspek learnability yang diukur berdasarkan Keyboard Learning Time (KLT), aspek effectiveness yang diukur berdasarkan tingkat akurasi penulisan (error rate dan global error rate), aspek efficiency yang diukur berdasarkan tingkat kecepatan penulisan (satuan Character per Minute), dan aspek satisfaction yang diukur berdasarkan nilai atau tingkat kemudahan penggunaan dari setiap jenis tata letak. Penelitian ini melibatkan peserta uji dari kalangan mahasiswa di Universitas Brawijaya yang dibagi menjadi dua kelompok uji yang diwajibkan untuk mengikuti dua sesi pengujian. Urutan pengujian untuk masing – masing kelompok berbeda, dimana kelompok uji 1 menguji Arabic (101) terlebih dahulu kemudian Intellark sedangkan kelompok uji 2 menguji Intellark terlebih dahulu kemudian Arabic (101). Berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa penggunaan Intellark lebih efektif dan efisien dibandingkan Arabic (101). Hal ini ditunjukkan dengan tingkat akurasi dan kecepatan yang dimiliki Intellark lebih tinggi serta waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya lebih sedikit dibandingkan dengan Arabic (101).

Keywords

Tata letak papan ketik, Arabic (101), Intellark