ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGIKLANAN VIDEO FOOTAGE BERBASIS WEB

Repositori Jurnal Mahasiswa PTIIK UB
© 2015 by Doro Jurnal
Volume 6 - Number 13
Year of Publication: 2015
Nadim Achmad, Yusi Tyroni Mursityo dan Satrio Agung W.
Download Article

 


Abstract

Iklan saat ini merupakan satu hal yang tak bisa kita hindari dalam kehidupan kita. Periklanan sendiri sudah merupakan satu kegiatan yang tak bisa dihindari oleh setiap orang yang ingin menawarkan sesuatu, baik barang maupun jasa. Produk utama sebuah perusahaan televisi merupakan acara yang dikemas dalam format video. Rata-rata website perusahaan televisi hanya menyediakan jasa streaming seperti Trans TV. Walaupun ada yang menyediakan trailer dari setiap acaranya tetapi tidak mendetail sampai ke episode yang dimiliki dari masing-masing acara. Jadi apabila ada pihak luar yang ingin melihat produk yang ada, maka mereka sudah pasti akan mengalami kesulitan jika tidak langsung menghubungi pihak perusahaan yang bersangkutan. Maka, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengiklanan Video Footage berbasis Web”dibuat. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, keseluruhan fungsional sistem informasi pengiklanan video footage telah sesuai dengan kebutuhan yang ditentukan. Hasil pengujian fungsional sistem menghasilkan akurasi sebesar 100%. Hasil pengujian terhadap pengguna (user acceptance testing) juga menunjukkan bahwa aplikasi sangat memuaskan dalam hal kemudahan penggunaan dan pencapaian kegunaan aplikasi sesuai dengan interprestasi skor Likert, yakni dengan persentase 86.17% dalam hal kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan 87.17% dalam hal pencapaian kegunaan (perceived usefulness).

Keywords

footage, video, advertisment, iklan