Abstract
Setiap organisasi, perusahaan maupun lembaga kesehatan, mempunyai suatu unit khusus yang bertugas dalam bidang kearsipan yang pada akhirnya akan berhubungan dengan kegiatan surat-menyurat. Penggunaan media elektronik diharapkan dapat membantu pihak pengelola arsip untuk mengelola arsip secara tersusun dan urut. Dengan menggunakan media elektronik dalam pengelolaan arsip akan diperoleh manfaat kecepatan, kemudahan dan hemat. Salah satu contoh lembaga kesehatan adalah sebuah Poskestren di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. Selama ini, sekretaris dari Poskestren Mahasiswa Al-Hikam mengalami kesulitan dalam proses pencarian surat keluar dan masuk yang saling berkaitan. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu dibuat suatu aplikasi yang diharapkan nanti memiliki fitur pencarian surat keluar dan masuk. Lalu, ketika surat yang dicari sudah ditemukan, maka seluruh surat-surat baik surat keluar dan masuk yang lain terkait dengan surat yang ditemukan tersebut akan langsung tampil dalam sebuah alur percakapan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi pengelolaan surat di Poskestren sehingga dalam pencarian surat keluar dan masuk yang saling berkaitan menjadi lebih mudah. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa pengujian validasi sistem telah memenuhi kebutuhan fungsional yang di spesifikasikan